Nirmana ?

Nirmana ? apa sih nirmana ? Kenapa semester awal ini dipenuhi dengan nirmana? :’). Sebenernya, matkul ini itu matkul esensi desain. Tapi entah kenapa terbiasa nyebutnya dengan istilah nirmana. Nah tugas nirmana ini pengerjaannya memakan banyak waktu. Ngga tau karna emang sulit, atau akunya yang ngerjainnya lama :D. Tapi kalo udah ngerjain nirmana, tugas ini [...]

Advertisements

Macam-Macam Model Rok

a. Berdasarkan Siluet Rok dari pola dasar Menurut pola dasar, rok dapat dibuat dengan ritsluiting di sisi atau tengah belakang 2. Rok semi span dan rok span Rok semi span dibuat dari pola dasar, diambil tegak lurus dari panggul ke bawah pada garis sisinya. Bila sisi rok dibuat masuk 2 cm atau 5 cm di [...]

(Materi) Pembuatan Busana Costume Made – Busana Pesta

I'm back. Udah sekitar 1 bulan lebih engga ngepost apa apa. Jadi kali ini aku akan share materi tentang busana pesta yang pernah aku buat pas sekolah. Ada 2 file yaitu ppt dan Ms.Word. Kalo Ppt ini aku buat berdasarkan rangkuman materi dari Ms.Word yang berisi tentang hal hal yang berkaitan busana pesta, mencakup pengertian busana pesta, [...]

Lengan

Penampilan lengan pada sebuah busana selain berfungsi menjadi pelindung lengan dari sinar matahari dan udara dingin, juga bersifat dekoratif. Yaitu, dapat menambah nilai keindahan dari pakaian maupun pemakainya. Berikut macam-macam lengan dan polanya Lengan Pof A 2. Lengan Pof B 3. Lengan Lonceng 4. Lengan Kop                   [...]

Kerah Rebah

Kerah rebah ialah kerah yang pada gambar desain jatuhnya melekat atau sejajar pada bahu, dada atas dan punggung atas atau datar di sekeliling leher. Kerah rebah dapat terdiri dari 2 bagian terpisah dengan bukaan tengah muka atau tengah belakang dan atau terdiri dari satu bagian penuh. Macam - macam kerah rebah dan polanya Kerah Rebah [...]

Kerah Tegak

Kerah berfungsi melindungi leher dan bahu dari sengatan matahari dan udara dingin, juga untuk menutupi kekurangan pada leher dan bahu. Berdasarkan letaknya, pola kerah dibagi menjadi 3, yaitu kerah rebah, kerah tegak/berdiri, dan kerah menggulung Kerah rebah ialah kerah yang pada gambar desain jatuhnya melekat atau sejajar pada bahu, dada atas dan punggung atas atau [...]