Painting

20160121_141117

Ini adalah lukisan pertama saya. Lukisan ini saya buat untuk tugas Seni Budaya. Awalnya ini menjadi tugas praktek di sekolah. Minggu pertama diisi dengan membuat sketsa. Dan untungnya saya memiliki gambar-gambar bunga di handphone. Setelah saya selesai menggambar sketsa, saya berpikir tidakkah ini terlalu sulit untuk mewarnainya. Apalagi diwarnai dengan menggunakan teknik pewarnaan basah, yaitu cat air. Saya jadi bingung, “gimana mewarnainya?”,”Kayanya susah”, “gimana dong?”,” tapi udah terlanjur dibuat sketsanya di kanvas”,”yaudahlah kita liat aja nanti”

Awalnya untuk teknik pewarnaan, saya dan teman-teman akan melakukannya di sekolah. Tapi, karena jadwal yang tidak memungkinkan karena terbentur jadwal ulangan, akhirnya kami disuruh untuk menyelesaikannya di rumah, dan dibawa minggu depan.

2016-01-09 01.07.14

Saya memulai untuk melukisnya secara dicicil, karena saya tau ini hal yang baru bagi saya. Setiap malam selama 2-3 jam, saya mencicilnya dimulai dari mewarnai daunnya. Dan hasilnya tidak seburuk yang saya pikirkan karena ini pertama kalinya saya melukis di atas kanvas dengan cat air. Dilanjutkan dengan mewarnai bunganya. Dan saya dengan teliti mencontoh gambar yang ada di handphone agar hasilnya memuaskan.

Tadinya untuk bunga kedua, saya mewarnai nya dengan warna pink. Tapi entah kenapa, warna nya tidak terlihat bagus seperti yang ada di contoh gambar. Akhirnya saya hanya menyelesaikan setengahnya. Dan esoknya, ketika saya lihat bahwa warna pinknya tidak secerah yang ada di contoh, akhirnya saya  menutupinya dengan warna merah. Karna saya melukisnya tanpa menggunakan air, ini membutuhkan waktu yang agak lama karena harus menunggu catnya kering.

Dan setelah semuanya selesai, tinggal satu langkah lagi. Mewarnai backgroundnya. Awalnya saya pikir tidak sulit, tapi ternyata ini lebih menegangkan daripada mewarnai yang lain. Salah warna. Tentu saja. Tadinya, hampir semua warna backgroundnya itu hitam kalo saya tidak berhasil mengatasinya. Tapi akhirnya hasilnya tidak cukup buruk.

Malah terlihat sangat memuaskan untuk seukuran pemula seperti saya.

Saya menyadari satu hal, bahwa “jangan pernah takut untuk mencoba”

Ini adalah salah satu karya yang sangat saya banggakan. Saya mendapat pujian dari guru saya karena lukisan ini.“Sederhana tapi bagus”. Awalnya sih takut, kalo banyak orang yang akan berpikir  itu bukan buatan saya, karena kita tidak pernah tau apa yang dipikirkan orang lain. Tapi, apapun itu.. ini adalah karya saya.^^

Leave a Reply

