Menghias Kain

Pelajaran menghias kain hanya ada di kelas X. Sedangkan di kelas XI dan XII kami mendapat pelajaran membordir. Sebenarnya sedikit menyesal, karena saya tidak pernah memfoto hasil bordiran. Tapi, ada  contoh bordiran yang saya punya. Bordiran ini dibuat oleh kakak kelas. Saya memfotonya untuk pedoman saya dalam membordir, seperti untuk pedoman warna yang dibutuhkan pada motif bordir.

2014-11-07 12.22.46

1448255512996

Dan untuk teknik menghias kain, yang pertama adalah “macam-macam tusuk”. Entah kenapa saya selalu suka melihat yang satu ini. Mungkin karena saya suka dengan perpaduan dan kombinasi warna yang saya buat, sehingga tampak cerah.

2016-07-23 10.58.53

Yang kedua adalah sulaman asisi holbein. Karena sudah agak lama, jadi sedikit kotor^^.

2016-07-23 11.02.33

Dan yang ketiga, adalah sulaman melekatkan benang.

2016-07-23 11.00.33

Dan yang keempat adalah smock. Sebenarnya masih ada satu lagi, yaitu sulaman bayangan yang diterapkan di kerudung. Tapi karena sulamannya ada di guru saya, jadi saya tidak ada benda fisiknya. Dan sulaman bayangan itu salah satu sulaman yang menurut saya bagus. Karena kombinasi warna yang saya terapkan pada sulamannya.

Smock ini, diterapkan pada kain dan dibuat seperti celemek.

2016-07-23 11.20.122016-07-23 11.21.12

Itulah hasil dari beberapa sulaman saya^^

 

Leave a Reply

